Samsung Galaxy Mini vs Samsung Galaxy Mini 2 Spesifikasi dan Harga

Untuk perbandingan gadget Android kali ini saya akan coba membandingkan antara Galaxy Mini dengan Galaxy Mini 2 dilihat dari spesifikasi dan harga, sebelumnya bagi yang ingin melihat komparasi ponsel Android lainnya bisa melihat dalam postingan terdahulu seperti Samsung Galaxy Young & Samsung Galaxy Pocket Spesifikasi dan Harga. Baru-baru ini pecinta hp Android kelas low-end disuguhkan dengan hadirnya penerus Samsung Galaxy Mini yaitu Samsung Galaxy Mini 2, tentu saja kehadiran Galmin (Galaxy Mini) 2 ini membawa angin segar bagi para pecinta Android, apa sajakah kelebihan Galaxy Mini 2 dibandingkan Galaxy Mini? Lantas apa sajakah perbedaan Samsung Galaxy Mini dengan Samsung Galaxy Mini 2 tersebut?

Dilihat dari segi harga, Galaxy Mini 2 tentu saja harganya diatas Galaxy Mini, saat ini dipasaran harga Samsung Galaxy Mini adalah Rp. 1.400.000,-an sedangkan harga Samsung Galaxy Mini 2 dilepas dengan nominal Rp. 1.999.000,- dengan selisih sekitar Rp. 500.000,-an. Dengan selisih harga yang terpaut cukup jauh tersebut, tentunya terdapat beberapa kelebihan Samsung Galaxy Mini 2 yang bisa diperoleh. Kelebihan yang paling menonjol Galaxy Mini 2 jika dibandingkan dengan Galaxy Mini terlihat pada sistem operasi yang digunakan.

Apabila Samsung Galaxy Mini datang dengan sistem operasi Android Froyo 2.2, maka lain halnya dengan Samsung Galaxy Mini 2. Hp Android terbaru ini menawarkan sistem operasi yang lebih tinggi, yakni sistem operasi Android Gingerbread 2.3. Walaupun pada kenyataannya, para pemilik Samsung Galaxy Mini pun bisa meng-upgrade sistem operasinya ke Android Gingerbread. Dengan kelebihan pada sistem operasi Samsung Galaxy Mini 2 yang satu ini, tentunya akan memberikan tampilan layar yang lebih smooth. Tak hanya itu, dengan memakai sistem operasi yang lebih tinggi, jenis aplikasi yang bisa Anda unduh dari Google Play pun lebih variatif.

Perbedaan selanjutnya kita bisa menemukan kelebihan Galaxy Mini 2 pada ukuran layar. Samsung Galaxy Mini 2 menawarkan ukuran layar yang sedikit lebih besar, yakni layar touchscreen kapasitif berukuran 3,27 inci. Layar ini sedikit lebih besar dibanding Samsung Galaxy Mini yang datang dengan layar berukuran 3,14 inci. Tak hanya itu, Layar Samsung Galaxy Mini juga dilengkapi dengan touch sensitive control yang tak akan Anda temui di Samsung Galaxy Mini.Kelebihan Galaxy Mini 2 jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Mini lainnya terletak prosesor dan RAM yang digunakan. Pada Samsung Galaxy Mini, Anda hanya akan menemukan prosesor single core 600 MHz Qualcomm MSM7227. Untuk RAM penunjang kinerja prosesor, Samsung Galaxy Mini hadir dengan RAM sebesar 384 MB. Sedangkan Samsung Galaxy Mini 2 datang dengan kualitas prosesor dan RAM yang lebih baik.

Dilihat dari prosesor, Samsung Galaxy Mini hadir dengan prosesor berjenis sama, yakni Qualcomm MSM7227 namun dengan speed clock yang lebih tinggi, yakni 800 MHz. Sedangkan untuk RAM, handphone ini datang dengan RAM yang lebih baik, yakni 512MB. Aspek berikutnya yang menjadi kelebihan Galaxy Mini 2 dibandingkan dengan Samsung Galaxy Mini adalah keberadaan kapasitas memori internal yang lebih besar. Jika pada Samsung Galaxy Mini Anda hanya memperoleh memori internal 160MB, maka tidak halnya dengan Samsung Galaxy Mini 2. Handphone Samsung Galaxy Mini 2 ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar. Anda bisa memanfaatkan penyimpanan data di handphone ini hingga 4 GB. Dari segi kamera, tak banyak perbedaan yang bisa dijumpai. Kualitas megapiksel kedua kamera ini sama, yakni 3.15 MP. Bedanya, dengan menggunakan Samsung Galaxy Mini 2, Anda bisa merekam video sedikit lebih baik. Jika Galaxy Mini hanya mampu merekam video kualitas QVGA pada 15fps, maka Samsung Galaxy Mini 2 menawarkan kemampuan merekam video dengan kualitas VGA pada 25 fps.

Samsung Galaxy Mini 2 juga memiliki kapasitas memori internal yang jauh lebih besar yakni berukuran 4GB sementara Samsung Galaxy Mini hanya menawarkan memori internal sebesar 160MB. Dan Samsung Galaxy Mini 2 juga memiliki RAM yang lebih besar yakni berukuran 512MB dibandingkan dengan 384MB milik Galaxy Mini. Plus keduanya dilengkapi juga dengan slot microSD up to 32GB. Untuk kualitas baterai, Samsung Galaxy Mini 2 pun memperoleh perbaikan. Pada handphone Samsung Galaxy Mini, Anda hanya akan mendapati baterai Li-ion dengan kapasitas 1200mAh, maka Samsung Galaxy Mini 2 hadir dengan kapasitas yang sedikit lebih besar, yakni 1300mAh. Sayangnya, meskipun hadir dengan kapasitas baterai yang lebih besar, tidak berarti daya tahan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Mini 2 lebih lama dibanding Samsung Galaxy Mini. Bayangkan, Samsung Galaxy Mini 2 hanya bisa bertahan dalam keadaan talk time selama 6 jam, sedangkan Samsung Galaxy Mini dapat bertahan hingga 9 jam 30 menit. Tentu hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain adalah keberadaan layar yang lebih besar, prosesor yang lebih cepat hingga sistem operasi yang lebih bagus.

No comments:

Post a Comment